Home » , , , , , , » Disdik Garut Akan Evaluasi Program PAUD 2014

Disdik Garut Akan Evaluasi Program PAUD 2014

Written By Garut Express on Wednesday, December 11, 2013 | 10:13 PM


Menjelang tahun 2014, Disdik Kabupaten Garut mulai melakukan evaluasi terhadap berbagai program yang telah dilaksanakan. Selain itu pihak Disdik juga mulai melakukan sinkronisasi  untuk program - program yang akan dilaksanakan di tahun mendatang.
Salah satu program yang akan menjadi prioritas adalah yang berkaitan dengan penyelenggaraan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). Seperti diketahui, seiring dengan kebijakan pemerintah yang menekankan pentingnya pendidikan pra sekolah, jumlah PAUD/ TK di Kabupaten Garut setiap waktu terus bertambah. Hal ini tentu saja harus diimbangi dengan kualitas pengelolaannya termasuk melengkapi sarana dan prasarana yang dibutuhkan
Berkaitan dengan hal tersebut, bidang Pendidikan Non Formal (PNF) Disdik Garut terus melakukan pembenahan dalam berbagai aspek. Satu hal yang sedang dilaksanakan adalah evaluasi secara menyeluruh terhadap penyelenggaraan PAUD. Evaluasi ini bertujuan untuk mengetahui sampai sejauh mana manajemen dan kemajuan termasuk dukungan masyarakat dan lembaga terhadap PAUD di tahun 2013. “Ya, setelah dilakukan evaluasi, nantinya kita akan mengetahui sampai sejauhmana kelemahan dan kelebihan lembaga PAUD ini,” tutur Kabid Pendidikan Nonformal (PNF) Dinas Pendidikan Kabupaten Garut, Yana Kuswandi , saat dijumpai di ruang kerjanya, beberapa waktu yang lalu.
Dikatakan Yana, berdasarkan pemantauan dan data yang ada, jumlah PAUD di Kabupaten Garut semakin bertambah. Hal ini lanjutnya, memang cukup positif karena masyarakat sudah mulai tumbuh kesadaran dan kepeduliannya terhadap eksistensi pendidikan pra sekolah. Tetapi di sisi lainnya hal ini perlu mendapatkan perhatian serius agar PAUD ini dijalankan berdasarkan manajemen yang tepat“Yang jelas, dari sekitar 1.200 lembaga PAUD dan 516 Taman Kanak-Kanak (TK) di Kabupaten Garut, setelah diverifikasi semuanya diajukan. Kalau sudah mendapatkan data yang otentik, akan diusahakan atau diajukan ke pihak Pemerintah Pusat agar semua lembaga PAUD maupun TK tersebut mendapatkan bantuan operasional (BOP),” bebernya.
Yana menyadari, dari ratusan lembaga pra sekolah yang ada, sebagian besar masih perlu dukungan dan bantuan pemerintah, apalagi banyak dari elemen masyarakat yang mendirikan PAUD/TK karena berdasar pada kepedulian, sehingga masih banyak diantaranya yang tidak memiliki sarana dan prasarana yang memadai. “untuk tahun 2014 kami belum bisa memprediksi program prioritas apa yang akan dilaksanakan untuk mendukung  penyelenggaran PAUD/TK.”Kami belum bisa prediksi program prioritas apa yang akan dilaksanakan, perlu kajian yang komperhensif dengan melibatkan semua pihak agar proses belajar dan bermain di PAUD/TK tidak asal-asalan,” pungkasnya. Cep ***
Share this article :

0 comments:

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Garut Express - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger