Home » , » PNF Kecamata Cihurip Kembangkan PKBM

PNF Kecamata Cihurip Kembangkan PKBM

Written By Garut Express on Thursday, January 31, 2013 | 8:46 PM


PNF Kecamata Cihurip Kembangkan  PKBM

Cihurip, (GE).- Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) sebagai salah satu lembaga pendidikan yang salah satu tujuannya adalah mempersiapkan tenaga kerja tingkat menengah,  berpotensi  untuk mencetak  SDM bekualitas,  untuk penataan  dan pengembangan PKBM perlu diarahkan  pada program-program  yang dapat meningkatkan  pemberdayaan potensi warga belajar, dan mutu lulusan.

Begitu pula di lingkungan UPTD Pendidikan Kecamatan Cihurip, Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM), kini sedang dikembangkan oleh Penilik Non Formal yang baru bertugas di Kecamatan Cihurip. Salah seorang Penilik Non Formal (PNF) yang bertugas di Kecamatan Cihurip Asep Tatang Kuswara,S.Pd.M.M., mengatakan, warga masyarakat Cihurip cukup potensial untuk dibina, terutama generasi mudanya, namun sayang generasi muda yang potensial  belum diimbangi dengan pendidikan yang memadai , oleh karena itu Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) merupakan salah satu solusinya. Untuk itu kata Asep, PKBM di Kecamatan Cihurip perlu dikembangkan, baik dari segi kualitas maupun kuantitasnya.

Untuk meningkatkan Kuantitas dan kualitas PKBM, Asep memaparkan, setelah  memperhatikan potensi yang ada, merasa perlu menambah lagi PKBM baru. Tekait dengan itu  atas  animo warga masyarakat serta disetujui Kepala UPTD Pendidikan Kecamatan Cihurip, maka dibentuk lagi satu PKBM baru dengan nama PKBM Bina Mekar , yang beralamat di Desa Mekar Wangi. Adapun tujuan dari pembentukan  PKBM tersebut, dalam upaya mengoperasionalkan panduan sesuai dengan Kurikulum  PKBM, untuk digunakan  oleh pihak yang terlibat  dalam pengembangan Kurikulum. Adapun kegiatan yang telah dilaksanakan tambah Asep, di antaranya kegiatan Paket B, yang  meluluskan sebanyak 22 orang siswa. “ Semoga dengan adanya PKBM  Bina Mekar,  pengetahuan dan keterampilan warga masyarakat Mekarwangi pada khususnya, lebih meningkat,” harap  Asep.

Sementara, Kepala UPTD Pendidkan Kecamatan Cihurip H.Permana,M.Pd.,  menyambut baik dengan terbentuknya PKBM Bina Mekar di Desa Mekarwangi yang telah dibentuk oleh PNF bersama warga masyarakat. “ Kami mengaharapkan dengan adanya beberapa Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM)  di beberapa tempat dijadikan sarana pembelajarn bagi generasi muda, sehingga Sumber Daya Masyarakat(SDM) Kecamatan Cihurip bias lebih meningkat,” tutur H.Permana.


Share this article :

0 comments:

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Garut Express - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger